Legend of the Condor Heroes [Shen Tiau Ying Xiong Quan]

Sekapur Sirih …

Hari Minggu kemarin, saya bertemu dengan Pangcu dari komunitas pecinta serial silat yang dinamai Kaypang Gallery [KaGe].Buat teman2 yang membaca tulisan ini dan belum bergabung dengan kami,kunjungi facebook kami yah dengan nama Kaypang Gallery.

Kembali lagi, sebagai hadiah pertemuan saya di beri 34 keping vcd serial The Legend of the Condor Heroes produksi 1983. Sebagai seorang pengkoleksi dan penonton serial silat, tentu saja saya luar biasa senang sekali menerima hadiah tersebut.Karna patut diakui,mencari serial ini sangat sulit.Jika adapun harganya cukup mahal karena harus beli impor maupun copy dan jarang yang ada subtitle indonesia.

Hal ini pula yang membuat saya berfikir kayaknya saya ingin sekali menurunkan tulisan tentang serial ini diblog saya secara lengkap.Kebetulan,KaGe baru saja menurunkan tulisan ini juga.Jadi beberapa data bisa saya sadur dengan baik. Untuk VCD,inspirasi tulisan ini, saya ucapkan terimakasih buat Pangcu …

From the Beginning …

LoCH merupakan salah satu serial silat yang paling melegenda hingga saat ini.Kisah kepatriotan dan kependekaran sepasang kekasih Guo Jing [Dialek Kanton Kwee Ceng] & Huang Rong [Dialek Kanton Oey Yong] dipenghujung Dinasti Song Selatan sangat terkenal di kalangan pecinta wuxia bahkan orang yang awam sekalipun. Loch ini merupakan bagian pertama dari trilogi kisah Pendekar Rajawali.

Banyak judul2 yang mengacu pada serial ini.The Legend of the Condor Heroes,The Brave Archer, The Legend or Arching Hero,The Eagle Shooting Heroes,Shen Tiau Ying Xiong Qua,Sia Tiau Enghiong,Pendekar Pemanah Rajawali,Memanah Burung Rajawali adalah sekelumit judul dari serial ini.Serial ini sudah cukup banyak dibuat remake maupun versi layar lebar.Bahakn hingga komik.

Kisah Pendekar Rajawali merupakan karya emas dari pengarang silat terkenal,Om Louis Cha [Jin Yong]. Serial ini pertama kali dipublikasikan dalam bentuk cerita bersambung pada surat kabar “Hongkong Commercial Daily” pada tahun 1957.

The Story ….

Kisah ini berawal dari persahabatan sepasang keluarga pendekar dengan seorang Tosu [Pendeta Tao] dari Chuan Chin Pai,Qiu Chuji dari Ciong Nan San dengan Guo Xiao Tian & istrinya Li Ping dengan Yang Tie Xin & istrinya Pao Jiruo.Sebagai tanda persahabatan,Chiuji memberikan sepasang belati kepada kedua keluarga tersebut untuk diserahkan kepada anak2 mereka kelak.Chiuji juga memberikan nama kepada dua anak mereka yaitu Guo Jing dan Yang Kang untuk mengingatkan mereka kepada tragedi penghinaan Cin Kang [baca tulisan perisiwa penghinaan Cin Kang pada Dinasti Song].

Ternyata,salah satu orang yang diburu oleh Pendeta tsb diselamatkan oleh istri Yang Tie Xin,Pao Jiruo karena memang Jiruo memiliki hati yang penuh belas kasih.Ternyata orang tsb bukan tokoh sembarangan,melainkan pangeran dari negeri Jin,Wanyen hung Lieh.Setelah berhasil diselamatkan,Wanyen meminta kepada prajurit Song untuk memusnahkan keluarga tersebut karena ingin merebut jiruo yang telah membuatnya jatuh hati. Guo Xiao Tian tewas dalam penyerangan tersebut sedang Li Ping diculik oleh pemimpin prajurit,Tuan Tien Te.Yang Tie Xin sendiri terluka dan jatuh ke jurang sedang Jiruo berhasil diselamatkan oleh Wanyen Hung Lieh yang berpura2 sebagai penolong.

Li Ping akhirnya berhasil menyelamatkan diri ke padang gurun,dimana Suku Mongol berdiam.Li Ping melahirkan anaknya di tempat itu dan diberi nama Guo Jing. Chiuji yang mengetahui peristiwa tsb berusaha mencari Li Ping dan akhirnya di Jiang Nan karena kesalahpahaman terlibat pertikaian dengan Jiang Nan Qi Koay [7 Pendekar Aneh dari Jiang Nan].Setelah kesalahpahaman telah teratasi,akhirnya mereka mengadu ilmu melalui pertaruhan.Jiang Nan Qi Koay ditugasi mencari Li Bing dan bertugas mengajari anakanya ilmu silat untuk diadu dengan anak dari Yang Tie Xin 18 tahun kemudian.Bertahun2 akhirnya Jiang Nan Qi Koay berhasil menemukan Guo Jing di padag gurun.

Guo Jing dan Yang Kang memiliki sifat yang berbeda.Guo Jing termasuk orang yang bodoh,lambat menyerap ilmu yang diberikan,polos,jujur,baik hati dan berjiwa ksatria. Yang Kang yang diasuh dalam kediaman Wanyen Hung Lieh karena terlalu dimanja oleh Pau Jiruo dan Wanyen Hunglieh yang dianggap ayah karena nama Yang Kang diubah menjadi Wanyen Kang menjadi prbadi yang sombong dan kejam,egois dan tinggi hati.

Dalam perjalanan hidupnya,Guo Jing bertemu dengan putri tunggal dari datuk sakti Tung Xia [Sesat Timur] Huang Yaoshi, Huang Rong.Karena kebaikan hati Guo Jing,Huang Rong yang bandel jatuh cinta dengan Guo Jing.Huang Rong memiliki kecerdasan yang luar biasa,kebalikan dari Guo Jing,namun Huang Rong bandel,ugal2an dan sedikit mewarisi sifat kejam sang ayah.

… And the Characters ….

Guo Jing [Kwee Ceng]

Guo Jing merupakan putra tunggal dari pasangan pendekar Guo Xiao Tian dan Li Bing.Dibesarkan oleh Li Ping di padang gurun.Menjelang dewasa Guo Jing di ajarkan kepandaian memanah oleh seorang ahli panah hebat anak buah Gengis Khan bernama Jebe. Karena menyukai sifat2 Guo Jing,Gengis Khan sempat menjodohkan Guo JIng dengan putrinya bernama Hua Zheng [Kohjen] namun tidak terlaksana.Guo Jing banyak mendapat pelatihan ilmu antara lain dari Jiang Nan Qi Koay [Kanglam Jit Koay,7 Pendekar aneh dari Jiang Nan],pelatihan tenaga dalam dari Pendeta Ma Yi dari Coan Cin Pay,18 Tapap Penakluk Naga [Hung Lung Se Ba Ciang] dari ketua pengemis Hung Qikong, ilmu pukulan tangan kosong dari Zhou Butong dan tanpa disadari Guo Jing juga dilatih ilmu tersakti pada masa itu,Ciu Yin Cen Cing [Ilmu 9 Rembulan].Guo Jing memiliki sifat polos dan jujur,ksatrian dan baik hati.Walau sedikit bodoh dalam menerima pembelajaran,namn GUo Jing sangat giat dan tekun sehingga mampu mencapai tingkatan ilmu yang tinggi.

Huang Rong [Oey Yong]

Huang Rong adalah putri tunggal dari pasangan Tung Xia Huang Yaoshi dan A Heng.Huang Rong menjadi piatu sejak lahir sehingga sangat disayang oleh ayahnya.Hal ini menjadikan Huang Rong menjadi manja dan keras hati serta bandel.Huang Rong memiliki pembawaan ugal2an dan sedikit kejam.Namun berkat cintanya kepada Guo Jing maka sifat2 jeleknya bisa dikendalikan karena Huang Rong sangat penurut thd Guo Jing.Huang Rong sangat cerdik dan pintar.Selalu hapal hanya skali diajari.Selain mendapat pengajaran dari ayahnya,Huang Rong juga sangat pandai memasak.Kepandaiannya ini yang akhirnya membuat dia dan Guo Jing mendpatkan pengajaran dan diangkat muridm oleh Qikong yang memang terkenal doyan menyantap makanan sedap.Bahkan Huang Rong akhirnya menjadi Ketua Kaypang penerus Qikong dan mewarisi Pukulan Penggebuk Anjing [Ta Kauw Pang Fa]

Yang Kang [Wanyen Kang]

Putra tunggal pasangan Yang Tienxin dan Pao Siruo.Semenjak lahir diasuh oleh Pangeran Jin,Wanyen HUng Lieh karena dianggap sang suami telah tewas hingga dengan berat hati menumpang di kediaman pangeran yang memang mencintainya sejak ditolong,namun tidak ingin bersatu dengan Hung Lieh.Siru membiarkan Yang Kang menggunakan marga Wanyan sehingga sang anak menyangka Wanyan Hunglieh adalah ayah kandungnya.Karena terlalu dimanja,Yang Kang memiliki sifat yang sangat buruk.Sombong,licik,egois,kejam dan gila harta.Yang Kang mendapat pelatihan dari Chiu Ciuji yang dengan berat hati melatihnya karena sanat membenci bangsa jin namun karena terikat sumpah thd Jiang Nan Qi Koay.Diam2 Yang Kang juga melatih ilmu Jiu Yin Pai Kut Jiaw [Cakar Tulang Putih 9 Rembulan] dari Mei Ciao Feng.Ilmunya tidak pernah mengalami kemajuan karena jarang ada yang mau melatih dirinya sehingga dia sangat membenci Guo Jing yang memiliki banyak ilmu2 hebat padahal mereka adalah saudara angkat.

Mu Nian Ci

Anak angka Yang Tie Xin.Awalnya dijodohkan kepada Guo Jing,namun batal karena sangat mencintai Yang Kang hingga mati.Mu Nian Ci pernah mendapat ajaran 1 jurus 18 Tapak Penakluk Naga dari Qikong,namun ilmu silatnya biasa saja.Sifatnya keras hati dan baik,namun selalu lemah thd Yang Kang.

… Tung Xie Huang Yaoshi …

Tung Xie [Si Sesat Timur] merupakan salah satu datuk dunia persilatan.Huang Yaoshi  tinggal di Pulau Persik [Tho Hua Tao].Huang Yaoshi terkenal sebagai Sesat Timur karena tindak tanduknya yang sulit diduga.Dia hanya menuruti kehendak hatinya saja.Sesaat dia membantu golongan lurus namun suatu saat bisa membantu golongan sesat. Sangat sayang thd Huang Rong,putri tunggalnya. Huang Yaoshi memiliki 5 orang murid,namun karena Mei Chao Fengn & Chen Xuan Feng berkhianat mencuri separuh kitab Jiu Yin Cen Cing yang ditulis mendiang istrinya,maka Yaoshi memutuskan urat kaki 3 murid lainnya dan mengusirnya pergi.

… Si Tu Auyang Feng …

Auyang Feng menempati Gunung Unta Putih [Pai To San] di bagian barat.Dijuluki Racun Barat karena 2 hal yaitu menguasai racun dan mengacu pada sifatnya yang licik dan kejam.Memiliki keponakan bernama Auyang Ke yang sebenarnya adalah anak hasil hubungan gelap dengan kakak iparnya.Auyang Feng sangat berambisi memiliki kitab 9 rembulan sehingga selalu berusaha merebut kitab tersebut dari tangan Guo Jing.

… Pai Kai Qiu Qi Sin Kay Hong Qikong …

Salah satu datuk persilatan yang bersifat ksatria dan berjiwa patriotisme adalah Hong Qikong.Sebagai ketua dari Kaypang [Perkumpulan Pengemis], Hong Qikong walau bersifat ugal2an,namun selalu disegani dan di hormati oleh semua anggota2 kaypang.

… Yi Deng Ta Se [Nan Di Twan Chixing] …

Bekas Raja Negara Tay Li yang akhirnya menjadi Biksu ini menjadi salah satu datuk dunia persilatan.Namun karena lebih suka menyembunyikan diri,sepak terjangnya jarang diketahui. Yi Deng Ta Se selalu ditemani 4 pengawalnya yang dulunya adalah bekas Jendral2nya yaitu Si Petani,Si Penggembala,Si Pemotong kayu dan Pelajar.

… Lao Wan Tong Zhou Butong …

Si Bocah Tua Nakal [Lao Wan Tong] Zhou Butong adalah adik seperguruan dari Wang Chongyan,Pendiri partai Coan Cin Pai.Sebenarnya ilmunya tidak dibawah ke 4 datuk maupun kakak seperguruannya sendiri karena Butong berhasil menciptakan ilmu pukulan tangan kosong dan karena pernah membaca kitab Jiu Yin Cen Cing,maka kememampuannya meningkat pesat.

… Cung Shen Wang Chongyang …

Berdasarkan pertandingan di gunung Hua,Wang Chongyang  berhasil mengalahkan 4 datuk sehingga berhak menyimpan kitab 9 Rembulan.Sebenarnya Chongyang hendak menghancurkan kitab tersebut agar dunia persilatan aman,namun hatinya sayang mengingat kitab tersebut hasil jerih payang Ta Mo Couwsu sehingga disimpan oleh Chongyang.

… Adaptasi …

Adapun kisah ini telah diadaptasi dalam berbagai bentuk, antara lain :

1. Komik

Pada tahun 1998, Hongkong’s Ming Ho menerbitkan serial ini menjadi komik sebanyak 38 buku. Ilustrasi gambar ini dibuat oleh Li Zhiping. Di Indonesia sendiri komik ini di produksi oleh MNC di tahun 2000.Terakhir di terbitkan dalam judul Eagle Shooting Heroes.

2. Video Game

Video Game seial ini dibuat oleh SCEI dengan judul Shachou E iyuuden [ The Eagle Shooting Heroes]

3. Layar Lebar

A. Story of the Vulture Conqueror,diproduksi tahun 1958 oleh Omei Film Studios,Hongkong. Para pemainnya adalah Cho Tat Wah sebagai Guo Jing dan Yung Siu Yee sebagai Huang Rong.

B. The Brave Archer, diproduksi tahun 1977 oleh Shaw Brother,Hongkong. Film ini dibintangi oleh Alexander Fu sebagai Guo Jing,Tanny Tien sbagai Huang Rong, Lee I Min sebagai Yang Kang dan Kara Hui sebagai Mu Nian Chi. Setahun kemudian,The Brave Archer bagian kedua diproduksi oleh Shaw Brother. 3 tahun kemudian di tahun 1981 lanjutan dari bagian ini dibuat lagi oleh Shaw Brother.Kali ini peran Huang Rong di gantikan oleh Niu Niu dan peran Yang Kang di gantikan oleh Yu Tai Ding.

C. The Eagle Shooting Heroes, di produksi tahun 1993 dalam bentuk komedi.Film ini di bintangi oleh sederet artis Hongkong ternama antara lain Jacky Cheung sebagai Hong Qikong,Leslie Cheung [Chang Guo Yung] sebagai Huang Yaoshi,Tony Leung [Liang Chaowei] sebagai Ouwyang Feng,Carina Lau sebagai Zhou Butong,Kenny Bee sebagai Wang Chongyang,Bridgette Lin Ching Hsia sebagai 3rd Princess,Maggie Cheung [Chang Man Yi] sebagai Guru Negara [Imperial Master] dan Tony Leung [Leung Kafai] sebagai Yi Deng Ta Se.

D. Ashes Of Time
Film layar lebar ini diproduksi yahun 1994 dan disutradarai oleh Wong Kar Wai. Kali ini film adaptasi karya Jin Yong diproduksi untuk mengikuti ajang2 film2 festival.Film ini dibintangi oleh artis2 yang hampir sama dengan versi komedinya. Leslie Cheung sebagai Ouyang Feng,Bridgette Lin Ching Hsia sebagai anak dari keluarga Murong,Tony Leung Kafai sebagai Huang Yaoshi,Tony Leung Chiaowei sebagai pendekar buta,Jacky Cheung sebagai Hong Qikong,Carina Lau sebagai istri dari Pendekar Buta.

… TV SERIES …

1. LoCH versi tahun 1976 [CTV,Hkg]. Dibintangi oleh jason Pai [Guo Jing],Bruce Leung [Yang Kang],Michelle Yim [Mie Hsieh sebagai Huang Rong],Mang Chau [Mu Nianchi]

2. LoCH versi tahun 1983 [TVB,Hkg]. Dianggap sebagai versi terbaik baik dari segi cerita,kostum dan silat pada masanya dan terutama pada karakter2nya. Dibintangi Felix Wong Yat Wah [Guo Jing],Barbara Yong [Wu Mei Ling sebagai Huang Rong],Michael Miu Kiu Wai [Miao Chao Wei sebagai Yang Kang] dan Sharon Yeung [Mu Nianchi]

3. LoCH 1988 [CTV/ATV,kerjasama antara Hongkong & Taiwan]. Dibintangi oleh Howie Wong [Guo Jing],Idy Chan [Huang Rong],Poon Wang Ban [Yang Kang],Chu Siuyi [Mu Nanchi]

4. Rage & Passion.Produksi 1992 oleh TVB,Hkg.Menceritakan kisah muda dari Dewa Pusat Wang Chong Yang dan Pendiri Kuburan Tua [Ku Mu Pay],Lin Chaoying.Diperankan oleh Ekin Cheng sebagai Wang Chongyang dan Fiona Leung sebagai Lin Chaoying.

5. The Mystery of the Condor Heroes [TVB Hkg 1993].Serial ini menceritakan tentang petualangan Huang Yaoshi semasa muda dan asal mula Hei Fong Shuang Sai.Diperankan oleh David Chang [Chiang Tawei sebagai Huang Yaoshi],Fiona Leung [A Heng],Julian Cheung [Chang Chelin sbg Chen Yuen Feng],Emily Kwan [Mei Chaofeng],Lao Kong [Hong Qikong],Wong Wai [Yideng Ta Se],Liu Kai Chi [Zhou Butong].

6. LoCH 1995 [TVB,Hkg]. Dibintangi oleh Julian Cheung [Chang Che Lin sebagai Guo Jing],Athena Chu Yin [Huang Rong],Gallen lo [Yang Kang],Emily Kwan [Mu Nianchi].

7. LoCH 2003 [Ciwen Picture,China].Dibintangi oleh Li Yapeng [Go Jing],Chou Xun [Huang Rong], Chou Jie [Yang Kang] dan Shui Ling [Mu Nianchi].

8. LoCH 2008 [China Ent.,Shanghai].Dibintangi oleh Hu Ge [Guo Jing],Ariel Lin [Huang Rong],Cecillia Liu Shi Shi [Mu NIan Chi],Yuan Hong [Yang Kang]

Pos ini dipublikasikan di Info Serial. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s